Menulis dari Dasar

Menulis dari Dasar

Sebagian besar penulis, awalnya tentu bertanya, apa sih kelas menulis yang cocok untuk saya?

Ini merupakan pertanyaan setingkat lebih tinggi dari mereka yang ingin menguasai keterampilan menulis tapi selalu gagal menemukan jalan.

Ya, salah satu jalan yang wajib ditemui calon penulis tentulah memunculkan pertanyaan seperti di atas; apa kelas menulis yang cocok untuk saya?

Ketika Anda bertanya demikian maka Anda sejatinya tengah mencari solusi atas kebutuhan Anda guna mengasah keterampilan menulis yang lebih baik.

Tentu ada banyak kelas daring dan luring, berbayar atau tidak, yang kini bertebaran. Namun, tak semua kelas itu cocok untuk Anda.

Mengapa?

Karena level atau posisi Anda terhadap keterampilan menulis belum terpetakan dengan baik.

Bagi saya, level dalam menulis ada dua jenis. Pertama, level produktifitas. Kedua, level kualitas.

Pada level pertama, Anda sekadar dituntut untuk produktif menghasilkan karya. Setiap hari.

Jadi, bagus dan buruk tulisan Anda tak jadi soal. Yang penting Anda rutin berkarya setiap hari.

Sedangkan pada level kedua, selain produktif, Anda sudah harus mampu menjamin karya Anda masuk dalam area kualitas.

Tulisan berkualitas pada level dua cenderungnya tidak lagi produktif. Meski ada juga beberapa penulis yang produktif sekaligus tetap berkualitas.

Namun, yang umum terjadi adalah penulis berkualitas terkadang tidak seproduktif penulis pada level pertama. Begitu pula sebaliknya. Mereka yang produktif akan sulit menjaga tulisannya tetap berkualitas.

Kebutuhan Anda sebagai penulis level pertama adalah membangun kebiasaan. Mereka yang produktif berangkat dari kebiasaan rutin dalam menulis.

Itu sebabnya, Kelas Free Writing yang nanti Anda ikuti akan mengajak para penulis level pertama untuk berlatih membiasakan diri menulis secara rutin setiap hari. Bebas tanpa beban.  

Jika Anda sudah berada di level kedua, ya tentu saja kebiasaan dalam menulis sudah tersistem sedemikian rupa. Sehingga tidak perlu didesain dari awal.

Tapi bagi Anda yang belum terbiasa, membangun kebiasaan menulis setiap hari menjadi sangatlah penting.  

Setuju?

 

“Mau tau cara membangun kebiasaan menulis secara asyik dan menyenangkan?” KLIK DISINI