Backpacker #2: Serunya Menjelajahi Kota Binjai bersama Kiddos Explorer

Backpacker #2: Serunya Menjelajahi Kota Binjai bersama Kiddos Explorer

sukmaimers.com| Bukan Kiddos Explorer namanya jika tidak berpetualang. Yap, kali ini Kiddos Explorer berpetualang mengelilingi Kota Binjai.

Tidak kurang dari 38 orang turut serta dalam acara ini. Terdiri dari 20 orang anak-anak dan 18 orangtua yang berperan sebagai pendamping dan fasilitator.

Kegiatan ini mengambil Stasiun Besar Kereta Api Medan sebagai titik kumpul. Tepat pukul 08.00 wib rombongan tampak riuh. Kenapa? Ssstt, karena ada yang salah jadwal. Hehehe.

Foto Bersama Ketika Tiba di Stasiun Kereta Api Binjai

Jadwal berkumpul sebagaimana  disampaikan panitia di dalam grup WhatsApp adalah 07.30-08.00 Wib. Dengan harapan, keberangkatan kereta api terjadwal berkisar pukul 08.30 wib.

Nyatanya tidak demikian. Jadwal kereta api di sesi pagi hanya ada pada pukul 08.00 Wib dan 09.30 Wib.

Untung saja, saya dan Malika (7 tahun) hadir tepat pukul 08.00 Wib. Karena kesalahan jadwal ini, keberangkatan tim kiddos dibagi menjadi dua gelombang.  

Tapi cerita punya cerita, tim kiddos gelombang kedua dapat kunjungan spesial dari ibu-ibu polwan yang sedang berkunjung ke Stasiun Besar Kereta Api Medan lho. Wah, asyik ya.

Para Kiddos Mendapat Kunjungan Spesial dari Polwan Ditlantas Kota Medan

Ada sapa hangat, nyanyi bareng serta sesi foto bersama dengan ibu-ibu polwan bagi tim kiddos gelombang kedua. Hmm, jadi makin semangat deh tim kiddos gelombang dua untuk meneruskan sesi backpacker kali ini.

Saya dan beberapa anak lainnya, yang tergabung gelombang pertama, berangkat pada pukul 08.00 Wib. Sementara sisanya berangkat pada gelombang kedua yakni pukul 09.30 Wib.

Hanya 30 menit saja kereta api rombongan gelombang pertama sudah tiba di Stasiun KA Binjai. Kami langsung turun dan mengajak anak-anak berkeliling sebentar di seputaran stasiun Binjai.

Bunda Kembang, Fasilitator Backpacker #2, Memberikan Penjelasan Singkat Kepada Para Kiddos tentang Stasiun Kereta Api Binjai.

Petualangan Dimulai

Disinilah petualangan sebenarnya dimulai.

Anak-anak diajak berjalan kaki dari stasiun Binjai menuju Lapangan Merdeka Kota Binjai.

Rute bermula dari pintu gerbang terminal, melewati Tugu Pahlawan Binjai, Taman Makam Pahlawan, lalu menyinggahi Titi Kembar, Vihara Setia Buddha, terus menyusuri pertokoan di sepanjang Jl. Jend. Sudirman sampai akhirnya tiba di Taman Balita.

Mengenalkan Tugu Pahlawan kepada Para Kiddos

Kalau dilihat dari aplikasi Google Map, jarak yang kami tempuh tidak kurang dari 2,5 KM. Lumayan jauh, ya.

Anak-anak awalnya sempat kuat. Namun, ada beberapa yang terlihat letih sehingga akhirnya panitia memutuskan untuk memesan  3 becak bermotor guna melanjutkan perjalanan ke Taman Balita.

Memesan Becak untuk Meneruskan Perjalanan

“Kegiatan ini targetnya untuk mengasah emosi anak-anak. Tidak pada sisi kognisinya. Dengan berkegiatan fisik begini, anak-anak diharapkan akan merasakan langsung apa-apa yang mereka lihat, dengar dan alami,” ucap Bunda Kembang, salah satu fasilitator, di sela-sela kegiatan.  

Taman Balita hingga Mesjid Agung Kota Binjai

Tiba di Taman Balita Binjai, tidak jauh dari Lapangan Merdeka Kota Binjai, anak-anak langsung bermain. Karena memang tersedia beragam permainan out door, seperti perosotan, terowongan batu dan jungkitan.

Taman Balita Binjai ini selain dikhususkan untuk anak-anak balita, tempat ini juga cocok untuk bersantai para orang dewasa.

Baca Juga : Keluarga Merdeka Bersama Kiddos Explorer

Selain tersedia fasilitas permainan anak balita secara gratis, pepohonan yang rindang, taman bunga yang bersih, dua sangkar burung besar, toilet, juga tersedia colokan listrik untuk mengisi daya ponsel.

Bosan bermain di Taman Balita, tim Kiddos bergerak ke Taman Remaja yang terletak di sebelah selatan Lapangan Merdeka.

Tak kalah serunya, Taman Remaja ini menyajikan suguhan air terjun yang menyejukkan mata, menyegarkan hati lho.

Lokasinya bersih. Tersedia beberapa bangku panjang, taman bunga yang indah, dan pepohonan yang juga rindang.

Bagi tim Kiddos, ini tempat yang cukup menarik untuk melepaskan lelah akibat sengatan matahari.

Tim Kiddos Berpose Bersama di Air Terjun Taman Remaja Kota Binjai

Setelah menelusuri dua taman yang berbeda itu, tim bergegas menuju Mesjid Agung Kota Binjai untuk beristirahat.

Asyiknya, perjalanan menuju Mesjid Agung kami tempuh dengan Bus Trans Binjai. Oh ya, Bus Trans Binjai ini punya empat warna lho. Ada warna biru, hijau muda, coklat dan merah.

Bus yang kami naiki adalah bus Trans Binjai berwarna coklat. Busnya tidak terlalu besar. Muatannya berkisar 25-an penumpang.

Bus ini dilengkapi pendingin ruangan, jaringan WiFi juga CCTV lho. Keren ya. Tapi yang bikin keren lagi, bus ini gratis. Alias gak perlu bayar. Mantab euy.

Kiddos Bersiap untuk Berkeliling dengan Bus Trans Binjai

Hanya butuh kurang lebih 15 menit saja perjalanan dari Taman Remaja menuju Mesjid Agung Kota Binjai. Setibanya di Mesjid Agung, kami langsung beristirahat dengan mengisi kegiatan saling curhat.

Setelahnya, kami langsung makan siang dan bersiap solat zhuhur berjamaah.

Makan Siang di Pelataran Mesjid Agung Kota Binjai

Naik Bus Mebidang

Usai makan siang dan solat zhuhur, tim bergabung menjadi satu dan bergerak menuju stasiun untuk membeli tiket kereta api.

Sayangnya, kereta api baru buka loket berkisar pukul 14.30 Wib.

“Karena loket tiket belum buka, yuk, kita naik Bus Mebidang aja. Seru juga lho.” Ajak Bunda Deasy, juga salah satu fasilitator kegiatan ini.   

Karena tidak mau menunggu satu jam, tim memutuskan untuk pulang ke Medan dengan menaiki Mebidang.

Hei, kamu pernah bepergian dengan Bus Mebidang?

Jika belum, coba yuk. Lumayan asyik kok. Karena bus ini merupakan salah satu transportasi massal yang memiliki rute Medan, Binjai dan Deli Serdang.

Tarif ongkosnya juga cukup murah. Binjai ke Medan hanya merogoh kocek Rp7.000,-.

Suasana Bahagia di Dalam Bus Mebidang Menuju Kota Medan

Setelah menempuh perjalanan lebih kurang 1 jam, Tim Kiddos Explorer akhirnya tiba di Medan pada pukul 15.30 Wib. Hmm, meski lelah dan penat tapi seluruh peserta terlihat menikmati petualangan hari ini. Tentu saja berlimpah pengalaman dan pembelajaran menarik.

Kira-kira, backpaker selanjutnya kita berpetualang kemana, ya?

Ada yang mau ikut? Yuk, pantau terus instagram Kiddos Explorer untuk tau kunjungan backpacker selanjutnya.

Sampai ketemu lagi. ^_^    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *